16 Tahun Tsunami Aceh - Nahwannur


Aceh Utara, Nahwannur.sch.id

Enam belas tahun sudah tsunami berlaku di Aceh, jika tsunami di ibaratkan sebagai seorang anak maka dia sudah memasuki usia remaja saat ini, remaja yang sudah mempunyai akal, pencarian jati diri juga pada umur ini. 

Pada tahun terjadi tsunami Ada peristiwa penting lainnya juga yang terjadi, peristiwa itu diukir dalam sejarah sebagai perjanjian damai antara Aceh (GAM) dengan Negara Indonesia yang disebut dengan MoU Helsinki. 

Umur MoU juga sudah 16 tahun, sudah cukup lama, dampak dari MoU sendiri belum bisa dirasakan oleh rakyat Aceh, dalam segi Kesejahteraan maupun pendidikan.

Kita harus bercermin disini, merenung, dan mengevaluasi secara menyeluruh, "Apa dan kemana Aceh ini?? " " Apa yang harus kita persiapan untuk menghadapi masa depan?? " 

Tentu saja pertanyaan itu tidak untuk satu orang, atau satu elemen saja (elit/penguasa) tapi untuk semua elemen (rakyat, elit, akademisi, pengusaha, dll) terutama Elemen Muda (Millenial) Aceh, mereka yang nantinya yang akan menggantikan para elit sekarang, bagaimana para Millenial mampu memanfaatkan MoU Helsinki ini sehingga memberikan dampak yang besar untuk Aceh. 

Harapannya adalah dengan Tsunami yang sudah berumur 16 Tahun yang setahun lagi akan akil baligh (17 tahun) Aceh Sudah Mandiri dab berdaulat. 

Amiiiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar